Pesona Bawah Laut Tulamben Bali

Jika anda adalah seorang penggemar diving maka Tulamben adalah destinasi wajib yang anda kunjungi selama liburan di Bali. Dive spot ini berada di jajaran teratas spot paling dicari di Bali. Banyak alasan untuk tidak melewatkan tempat wisata ini, bahkan jika anda bukan seorang penyelam mahir.

Pantai Tulamben

Lokasi Tulamben

Jauh dari keramaian, sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Tidak lebih dari 20 km dari Kota Amplapura, Karangasem. Terletak dikaki gunung Agung, gunung tertinggi di Bali. Anda juga bisa mengakses tempat ini dari kota Singaraja jika kebetulan anda menghabiskan liburan di Bali utara.

Bangkai Kapal USAT Liberty

USAT Liberty adalah sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942. Bangkai kapal ini telah menjadi monumen abadi bawah laut.

Menjadi rumah ikan-ikan dan biota laut lainnya adalah sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan. Jaraknya hanya beberapa meter dari bibir pantai. Sehingga anda tidak perlu perahu, hanya berjalan beberapa langkah dan berenang maka anda akan tiba di atas bangkai kapal ini.

Menyelamlah lima sampai enam meter maka anda akan melihatnya. Sebuah batu karang besar yang terbuat dari kenangan sebuah kapal perang yang kebetulan bersemayam disini. Menjadi anugrah bagi biota laut disini dimana mereka bisa menemukan rumah untuk berlindung dan mencari makan.

Dive Tulamben

Akomodasi Tulamben

Walaupun jauh dari keramaian dan hingar bingar pariwisata Bali Selatan seperti Kuta dan Nusa Dua Tulamben menawarkan akomodasi yang terdiri dari restoran dan beberapa penginapan di sepanjang jalan Kubu, Karangasem.

Anda bisa menghabiskan malam di salah satu penginapan sambil menikmati keindahan bawah laut Tulamben untuk beberapa hari. Setelah itu anda bisa melanjutkan menikmati keindahan Amed, salah satu dive spot yang letaknya hanya beberapa kilometer dari sini.

No comments:

Post a Comment